Pages

Wednesday, June 26, 2013

NASKAH DRAMA PRAMUKA

JADI PRAMUKA JANGAN SALAH KAPRAH !!! J






Alkisah disebuah sekolah menengah atas di suatu tepian kota , hiduplah berbagai elemen masyarakat , siawa/I  yang memiliki berbagai karakter .
Suatu hari disebuah ruang , sebut saja itu sekretariatan sedang terjadi cekcok beberapa suara-suara pejuang , yang sedang membahas suatu rangkaian acara .

Tono : saya kurang setuju bung dengan pendapat anda! Itu kurang relevan dengan kondisi  kita!
Joko : apa nya , yang kurang relevan  bung? semua itu sudah melalui beberapa pertimbangandan bukankah itu sudah kita sepakati minggu lalu!
Tono : saya paham! tapi itukan kemarin! Saya rasa itu kurang bagus untuk kegiatan besar kita ini , saya sudah merancang semuanya!
Joko : anda jangan memutuskan secara sepihak dong! Anda juga harus meminta pendapat dengan anggota yang lain!
Tono : saya rasa itu tidak perlu! Saya pemimpin disini!
Joko : ya sudah! anda rancang saja sendiri , semoga sukses!! saya mundur dari kegiatan ini!
Sari : joko ?
Tono : biar ! biar dia pergi!
Sari : bagaimana kegiatan HUTAN ini akan terlaksana ? kalo internalnya saja seperti ini!
Tia : bener! Mana mungkin kita bisa melaksanakan kegiatan ini! Ini kegiatan besar !kita akan undang lebih dari 70 sekolah !
Tono : jadi kalian ?
Sari : iya! Kami tidak yakin dengan nasib acara ini! (pergi meninggalkan ruangan sambil menggebrak meja)
Tono : sari ! dasar pecundang ! ngakunya pramuka , iklas bakti bina bangsa ! mana ? mana jiwa korsa kalian? Mana tanggung jawab kalian?!
Tia : tono , sudah ! kalo kamu masih begini ! saya juga ragu kerjasama dengan kamu!
Tono :pergi semua !!! liat saja , saya akan buktikan dengan kalian , saya bisa melakukan ini seorang diri !

Beberapa hari kemudian dihalaman sekolah.

joko : saya ragu dengan kegiatan besar yang sudah kita planning ini.
Sari : bener ko , dan kegiatan ini gak boleh , gak terlaksana ! gimana2 juga gue ini ketua putri ! pradani wey… pradani ! coba lo bayangin betapa malunya gua kalo sampe bener2 gak terlaksana.
Tia : jadi ?
Sari : ayam-ayam ku ?
Tia : serius gua sari !
Udin : woy… woy…!!! Gua bawa undangan!
Joko : undangan apa din ?
Udin : undangan kemah + lomba dari SMAPALA .
Sari : kok bias dilo din ? tono ?
Udin : tadi bu tini , nitipin ke gua , suruh kasih ke tono , eh malah ketemu  kalian disini!
Tia : trus ? gimana ?
Joko : apa nya yang gimana ?
Tia : mau kita kasih tau gak joko tentang undangan ini ?
Joko : ya pastilah ! walau begitu diakan ketua disini!
Sari : gak usah! Gua juga ketua ! kedudukan gua sama dengan dia ! biarin aja dia selesain masalahnya , gua punya rencana untuk agenda ini .
Semua : apa ?

Mereka pun berunding membahas tentang rencana , dan persiapan mengikuti agenda tersebut tanpa sepengetahuan  toni . dan suatu hari di rumah udin .

Emak : udin – udin lo kerjaannya pulang sore mulu ! lo sekolah apa kerja ?
Udin : udin itu pramukaan mak !
Emak : halah din2! Kerajaan lo itu pramukaan mulu ! lo itu emak sekolahin biar pinter biar sukses gak kaya bapak mu pengangguran yang suram masa depannya.
Bapak : heh… mak jangan bawa-bawa bapak !!! gini-gini juga lo kepincutkan sama gue!
Emak : denger ya pak!! Kalo dulu , tau bakalan kaya gini! Iiiihhh ogah gua jadi bini lu !
Bapak : jadi ?mau lo apa sekarang ?!
Emak : lo nanya mau gue apa ?! mau gua lo pergi sana! Cari duit ! kalo dah dapet baru balik lagi.
Bapak : ogahlah!!! Kalo gua kaya ,juga gua gak bakalan balik lagi! Mending cari istri lagi yang lebih WOW!!! Iya gak din ?
Udin : he… (ngangguk2)
Emak : lo dukung bapaklo din ?
Udin : he^ (geleng2)
Emak : bagus!!! Eh dasar suami gak tau diri!!! Pergi sono lo empet gua liat lo terus2! Cuman nambah dosa aje!
Bapak : (berdiri)
Emak : mau kemana lo ?
Bapak : pergilah , kan tadi lo yang nyuruh pergi!
Emak : oh… yaudah sono!
Beberapa detik kemudian.
Emak : liat no din , lo mau kaya gitu ?
Udin : (geleng2)
Emak : kalo lo gak mau ! makanya sekolah yang bener !gak usah lagi pramuka2an !
Udin : halah mak-mak ! udin cumin minta pramukaan aja gak di bolehin!
Emak : bukanya gak dibolehin din! Tapi…
Udin : tapi apa mak ?
Emak : udahlah din ! gak usah bantah kata2 emak! Makan sono!
Udin : ogah lah mak gak laper!(pergi)
Emak : mau kemana lo din ?
Udin : kewarteg , cari makan!
Emak : lah ?emang lo punya duit ?
Udin : gak! Ngutang mak!
Emak  : (elus dada) udin….udin…!

Keesokan harinya disekolah .
Diruang kepala sekolah!

Pak kepsek : (duduk di meja)
Tono : siang pak.
Pak kepsek : duduk (dengan nada dingin)
Tono : (menuju kursi menghadap pak kapsek)
Pak kepsek : bagaimana dengan kegiatan pramuka kita ? bukankah 2 minggu lagi agenda itu akan dilaksanakan disekolah kita?   Bagaimana persiapan kalian ?
Tono : heh… insyaalah pak.
Pak kepsek : apanya yang insyaalah?
Tono : kegiatannya pak .
Pak kepsek : saya mendengar dari bu tini , kalau persiapan kalian masih jauh dari kata siap!
Tono : maaf pak , saya janji akan memperbaiki internal kami dan mempersiapkan kegiatan ini lebih baik lagi.
Pak kepsek : yasudah , saya beri kalian waktu 2 hari untuk membuktikanya! Sekarang kamu boleh mennggalkan ruangan saya.
Tono : iya pak , terimakasih (menjabat tangan pak kepsek)

Seusai dari ruangan tersebut tono berfikir keras memikirkan bagaimana cara nya agar dia bisa meyakinkan pihak sekolah bahwa dia mampu ! dan dengan keegoisanya dia tetap angkuh dan tidak akan meminta bantuan rekan-rekannya .
Hingga pada H-1 kegiatan tersebut.
Tono pun bingung , atau Galau tingkat cakrawala yang membahana sentosa sepanjang masa! Karna dia tidak mempu menyiapkanya seoarang diri , dan dia sadar bahwasanya ke-egoisan ini hanya berujung kepada kegagalan . seusai dia menyadarinya diapun mencoba menemui teman-temannya untuk meminta maaf sekaligus meminta bantuan.
Tono : (berjalan menemui rekannya) assalamualaikum.
Tia : walaikumsalam
All : sibuk dengan kegiatannya sendiri.
Tono : sari , joko ?
joko :hhah iya kenapa ?  kami lagi sibuk.
Tono : iya maaf , kalo saya ganggu kalian .
Sari  : ganggu banget!
Tono : iya , gua tau gua salah! Gua pengecut! Makanya gua mau minta maaf dengan kalin ?
Sari : minta maaf ? yakin ?! kamu gak takut imets kamu turun ? karna minta maaf dengan kami ?
Tono : yakin sar, gua akui gua salah dan gak bisa gua jika harus berpegang teguh dengan keegoisan gua.
Sari : bagus lah kalo gitu !
Joko : kami udah maafin kamu , sebelum kamu minta maaf kok.
Tono : terimakasih ya. Kalian gak upakan 2 hari lagi acara puncak kegiatan kita ?
Sari : iya , gua gak lupa kok!
Tono : jadi kalian masih mau gak jadi bagian lagi dari acara ini ?
Sari : maaf kami lagi sibuk!
Tono : joko , Tia ?
Joko : maaf ton.
Tia : (hanya menggeleng-gelang saja)
Tono : yasudah , terimakasih . wasalamualaikum .
All : walaikumsalam
Tono pun pergi           
Tia ; sari ? kan tono udah minta maaf , kenapa kita gak bantu dia ?
Sari : biar dia mendapatkan pelajaran dari semua ini , gua dan joko sudah mengatur scenario dari semua ini .

Hingga ke-esokan harinya , ketika hari H kegiatan tersebut.

Tono duduk , dengan tegang disudut pintu masuk! meratap apa yang akan terjadi ! dia sudah siap dengan segala , resiko yang akan di dapatkan! Waktu berjalan begitu keji menapaki setiap jengkal nafas yang terurai. Tapi tak Nampak 1 pesertapun yang menampakan wujudnya didepan tono. Dia semakin bingung , apa sebenarnya yang terjadi ?! baying-bayang nya pun tak sedikitpun khilaf dari ukiran penyesalan terhadap ke’egoisannya. Saat tono sedang merenung tiba-tiba sahabat-sahabat sekaligus rekan kerjanya datang!!!
Tono : (berdiri dan langsung melempar pernyataan) sari, joko , tia ! kalian lihatkan ? hingga pesertapun tak 1 pun yang menapakan wujudnya! Juri , panitia , dewan guru , bahkan pak kapsekpun enggan untuk datang! Aku gagal! Aku terlalu sombong! Tak pantas aku menjadi pemimpin kalian!
Sari : baguslah jika kamu sadar!
Tono : iya sar , maafin gue , gue sadar sekarang.
Joko : yasudah , semoga kamu bisa belajar dari peristiwa ini dan kita bisa melaksanakan kegiatan HUTAN lebih baik lagi.
Tono : gak ,mungkin ! mereka saja tidak merespon kegiatan kita tahun ini! Dan tahun depan kita sudah bukan pengurus lagi!
Tia : siapa bilang ?
Tono : maksud kalian ?
Sari : jadi ,gini 2 minggu sebelum kegiatan ini , kami sudah membicarakan dengan pihak sekolah dan selurus anggota bahwa kegiatan HUTAN di undur sampai 12 Mei 2013 , dan ternyata itu mendapat respon positif dari semua. Dan seusai itu kami langsung sigap memberikan surat pemberitahuan kepada semua sekolah . jadi wajar saja jika hari ini tidak ada yang datang.
Tono : jadi kalian ?
Tia : iya , maafkan kami . sebenarnya niat kami baik kok.
Joko : iya ton , ini juga untuk kebaikan kita bersama.
Tono : iya , gua paham. Terimakasih ya , kalian memang teman terbaik gua!

Seusai peristiwa itu merekapun bersungguh untuk melaksanakan kegiatan HUTAN yang tadinya terjadwal tanggal 10 Maret Diundur Menjadi tanggal 12 Mei 2013 . dan semoga kegiatan ini benear –benar berjalan dengan sukses tanpa halangan apapun.

Demikianlah penampilan dari rumah teather patridalaksana , sesungguhnya ke’egoisan hanya akan menggiring kita kepada kesengsaraan yang akan berujung penyesalan J

No comments:

Post a Comment