Pages

Monday, January 21, 2013

DRAMA ISLAMI BY ROHIS SMAN 1 NATAR


JUARA 1 DRAMA ISLAMI DENGAN NASKAH DRAMA INI (ROHIS SMAN1 NATAR)


Halang Rintang Tepian Surga

Nama Team   :Rosstar (Rohis SMAN 1 Natar)
Tema              :Menjemput Bekal Kematian
Pemain                       :
1.      Rama (Sugeng Hannanto)
2.      Ayah (Arya A Humada)
3.      Alif (Faza Kemal AK)
4.      Umar dan Perampok 2 (ricky cahya utama)
5.      Mentor BBQ (Rendra Kurniawan)
6.      Arif (Bagus Rahmat Riyadi)
7.      Perampok 1 dan Preman (Hayu Jarwani)
8. Dwi Mandala Saputra




Banyak jalan menuju Roma. Begitu juga, banyak jalan menuju surga. Hidayah bagaikan sebuah teka-teki sarat misteri. Tak ada yang tahu apakah hidayah akan datang sebelum ajal menjemput kita, ataukah kita tetap menjadi pribadi merugi hingga akhir perjalanan ini.
Suatu kisah tentang cucu adam yang sarat akan makna , cerita , perjuangan dan Semangat untuk menggapai Surga .
Ayah : (Duduk diruangan sambil membaca koran dan ditemani santap bagi bersama secangkir kopi Hangat)
Rama   : Yah , Rama berangkat  (sambil menjabat tangan ayahnya).
Ayah   :hemm (asik dengan koran nya)
Suasana rumah yang sebelumnya  sepi beranjak semakin sunyi . Rama merangkak menuju Ke- Sekolah , dan sesampainya disekolah .
Rama   : lo mau kemana ? Udah ngerjain PR?.
Alif       : oh , ana ? ana mau Sholat dhuha. Kamu mau ikut ?
Rama   : Hah , Gua ? hemm , Gak deh ,kapan –kapan aja
J(melempar senyum paksa).
semua      : ( saling menatap dan mengangkat pundak)
Rama berjalan menuju kedalam Kelas , Dilihatnya secarik kertas Didinding mading Kelasnya , berisi jadwal ujian Praktek Agama bulanan .
Rama  : Apa’an ini ? (melempar pertanyaan pada teman kelasnya ?
Umar :oh  itu , daftar-daftar Nama kelompok siswa ujian Baca Al-quran dan sholat .
Rama :hah ?
Umar : kenapa ? cuman baca Qur’an sama Sholat kok ujiannya ? jangan – jangan lo gak bisa sholat ya (wajah curiga)  ?
Rama : hah , gua ? hemm, Lo nuduh gua , gak bias Sholat hah ? (gugup dan meninggalkan tempat)
Umar :‘ Bukan begitu maksud aku.
Rama : halah , udahlah!
Rama yang bingung tentang ujian yang akan dilaksanakan , merenung memikirkan nasibnya dipermalukan teman-teman nya karna tidak bias sholat dan mengaji.
Alif : Assalamualaikum ?
Rama : waalaikumsalam (dengan wajah muram)
Alif : kalo , ana boleh tau , antum kenapa ? ana lihat muka nya kusut? Hehe
Rama : hehe(senyum paksa) gak papa kok lif , gak ada yang perlu lo cemasin !
Alif : kalo begitu ya sudah , assalamualaikum .
Rama : walaikumsalam .
Beberapa detik kemudian .
Rama : eh... lo (teriak memanggil alif).
Alif : ana ?
Rama : bukan ana , tapi lo !
Alif : iya , ada apa ?(wajah bingung)
Rama : ada yang mau gua tanya dan kasih lo sebuah rahasia besar , dan gua harap lo bisa jaga rahasia ini dan bisa bantuin gua.
Alif : insyallah , ana bakalan jaga rahasia antum , dan bantu antum sesuai dengan kemampuan ana.
Rama : sebenernya nama lo , ana apa alif sih ?(jengkel)
Alif : ana itu dalam bahasa Arab artinya saya , kalau antum itu kamu .
Rama :oh... jadi gini ..... “ sebenernya ....... (berhenti sejenak)
Alif : sebenarnya apa ma ?
Rama :hah ... oke ,oke jadi Gini , waktu gua lahir gua dah jadi anak piatu , karena ibu gua ninggal waktu ngelahirin gua , trus semenjak itu gua cuman hidup sama ayah gw aja , ayah gw sibuk banget sama urusan kantornya , sampe-sampe gua gak pernah liat dia memenuhi kewajibannya sebagai seorang muslim.
Alif : terus apa yang bisa ana bantu ?
Rama : Sabar!!!gua kan belum selesai ngomong! Jadi intinya , gua dari kecil gak pernah yang namanya diajarin Sholat ataupun ngaji , jadi sampe sekarang gua gak bisa tu ngaji n sholat , hehehhe
Alif : jadi antum sampai saat ini belum bisa Sholat n Ngaji ? (dengan suara lantang dan kaget)
Rama : woy ... pelan!!! Iya , makanya itu lo kan ketua Rohis jadi ngerti banyaklah masalah agama , lo maukan ajarin gua Sholat n ngaji ? tenang aja gua bayar brapun yang lo mau !
Alif : insyaalah , ana ikhlas kok bantu antum .
Rama : serius ? hahahha thanks bro (memeluk dengan kencang)
Alif : hah..hah... iya ... iya ... (sulit nafas karna dipeluk terlalu kencang)
Rama : terus kapan kita mulai belajar nya ?
Alif : nanti pulang sekolah bisa
Rama : oke, sibp !
Alif : yaudah , masuk kelas yuk !
Rama : (mengangguk)
Beberapa jam kemudian sepulang sekolah .
Alif : afwan ya , antum nunggu ana kelamaan .
Rama : afwan ?
Alif : maaf .
Rama :ohhh... iya , santai aja mas bro .slow ,slow !!!
Alif : oke .
Rama : trus , kita mau latihan dimana?
Alif : terserah antum aja , dirumah antum juga boleh .
Rama : hah , dirumah gua ?
Alif : iya , kalo antum gak keberatan , kan antum juga yang bilang kalo ini privasi , jadi biar gak banyak temen yang tau juga .
Rama :ohhh... gtu ya ??? hemm ... kalo dirumah lo aja gimana ?, kan pasti disana fasilitas agamanya lebih memadai dibanding rumah gua .
Alif : tapi rumah ana gak semegah rumah antum . serius gak papa ni ?
Rama : slow aja ,  yuk brangkat!(menarik tangan Alif)
Akhirnya mereka berangkat menuju rumah alif .
Tak beberapalama Rama pun pulang dan Pembelajaran kilat tentang Agama Islam yang barusan dipelajarin rama , mampu mengubah sifat dan kepribadiannya cukup signifikan , Dan ia pun mulai menerapkan Sholat 5 waktu.
Rama : Assalamualaikum wr.wb (menutup sholatnya)
Ayah : rama , kamu lagi apa ? kamu sholat ? hah ? buat apa kamu sholat ?
Rama : kenapa yah , bukannya agama kita islam , terus memang kenapa kalo rama sholat ?
Ayah : ohhh... kamu udah pinter bantah kata-kata ayah ya ? pasti ini karna pergaulan kamu , disekolah baru kamu itu kan ?!dari awal memang ayah gak suka kamu sekolah di SMA itu !
Rama : ayah! Kenapa sih , cuman gara-gara rama sholat aja jadi marah-marah gini ? memang salah ya kalo rama sholat ?
Ayah : inget ya , sholat itu cuman buang-buang waktu kamu aja , dan kamu harus tau ,percuma kamu doa , mohon sama tuhan kamu ! dia itu gak akan pernah peduli dan sayang sama kamu , gak akan kamu jadi anak piatu !!!
Rama : tapi yah , memang ... (dipotong oleh ayah )
Ayah : sudah!! Gak usah lagi kamu ceramahin ayah ! ayah gak mau lagi liat kamu sholat atau apalah itu ! kalo kamu udah gak nurut lagi sama ayah mendingan kamu gak usah lagi jadi anak ayah!!!!!!!
Ayah rama sangat kecewa , dan masih larut dalam kesedihan karna ALLAH SWT mengambil Istrinya melarang rama untuk beribadah.
Hingga Keesokan harinya , sepulang sekolah .
Alif : Rama ... Rama !!!(memanggil dan menghampiri Rama )
Rama : iya , kenapa lif ?
Alif : antum mau ikut BBQ gak sama ana ?
Rama : hemm , BBQ ?
Alif: iya BBQ , bimbingan baca Quran , disana ada tutor/mentor yang bakalan ngebimbing kita , dan disana antum bisa diskusi buat mecahin masalah antum ,mau ya ?
Rama : oke deh ,gua mau .
Mereka berjalan menuju mussolah sekolah untuk mengikuti kegiatan BBQ dan menemui tutor mereka yang sudah menunggu disana.
Semua : Assalamualaikum .
Mentor  : wa’alaikumsalam
Alif : sudah lama kak nunggu nya ?
Mentor : lumayan lah , yang penting belum sampe tumbuh jenggot .. hehhe , yaudah ayo duduk melingkar , kita mulai BBQ kita Hari ini .
Semua mengambil posisi duduknya masing-masing.
Mentor : Assalamualaikum Wr.Wb ,Marilah kita mulai agenda kita hari ini dengan membaca lafal basmalah (Bissmilahhirahmanirahim) hari ini materi kita adalah tentang bagaimana menyiapkan bekal kematian Dari Sekarang , jadi sebagai seorang muslim kita harus mempersiapkan bekal yang banyak untuk kematian kita , dan siapkanlah itu dari sekarang , jika kita mengharapkan surga ALLAH SWT sebagai tempat yang kekal utuk kita ,kita harus senantiasa berusaha , beribadah dan berdoa untuk mendapkan Ridho Allah SWT dan marilah kita berlomba-lomba dalam kebaikan , karna walaupun kita masih muda tidak menjamin umur kita akan panjang , bisa saja 1 detik setelah ini , tuhan mengambil kita kembali .
sudah paham atau ada yang mau ditanyakan.
Rama : kak , gimana kalo misalnya , misal ya kak , misal ini mah .
Mentor : iya , hehhe
Rama : misalnya ada orang yang dilarang Sholat sama orang tua nya , padahal dia islam , ya kaya di tipi-tipi itu kak yang ada anak dimarahin sama ibu tiri atau ayahnya karna ninggalin pekerjaan rumahnya untuk sholat Dan kalo missalnya anak tersebut tetepmilih untuk beribadah buat mempersiapkan bekal kematiaan nya , anak tersebut termasuk menjadi anak Durhaka Gak kak ?
Mentor : oya , kakak belum tau nama kamu , baru pertama kan?
Rama : iya kak , nama gua , eh ana rama kak J
Mentor : hhehe jadi gini , memang Allah swt memerintahkan kita untuk mematuhi semua yang orang tua kita perintahkan , apalagi seorang ibu tapi jika perintah orang itu menyesatkan dan menentang ajaran agama islam atau hal yang tidak diridhoi Allah kita wajib melanggarnya tapi usahakan tanpa menyakiti hatinya saat antum menolaknya ,Contohnya kalo kita disuruh mencuri , itukan perbuatan yang menyimpang oleh ajaran , jadi tidak papa kalau kita membantahnya . Antum sudah jelas ?
Rama : iya kak , Makasih .
Mentor : iya , ada lagi yang mau ditanyakan ?
Semua : tidak kak , cukup .
Mentor : oke , kalo cukup kita lanjutkan materi selanjutnya.
Dan mereka Pun serius mengikuti kegiatan BBQ tersebut ,dan melanjutkan BBQ tersebut hingga usai. Dan setelah itu Rama dan alif melangkahkan kaki nya untuk membeli peralatan Sholat , Dan Rama tiba dirumah disore hari.
Saat itu terdengar Adzan magrib , setelah mendengar pencerahan dari mentor BBQ nya rama kembali menjalankan Ibadah sholat , dan dia tidak takut lagi menjadi anak yang durhaka .
“Rama melaksanakan Sholat magrib , dan ayah nya memperhatikan saat rama sedang Sholat “
Rama : (melipat sajadah)
Ayah : kamu memang bener-bener anak Durhaka ya!!! Percuma kamu Sholat , tapi moral kamu sama orang tua aja masih Rusak !
Rama : astafirulah yah , tadi mentor BBQ rama bilang , kalo ALLAH itu lebih penting dari segalanya , jadi sebagai umatnya kita wajib menyembahnya.
Ayah : ohhh(sambil tepuk tangan)!!! Semenjak kamu sekolah di SMA itu , kamu udah berani ya , ceramahin ayah , kamu udah berani lawan apa yang ayah Omongin  , kamu udah bosen jadi anak ayah ?
Rama : yah rama bukannya ceramahin ayah  , tapi memang .
Ayah : (menampar rama) apa ? sekarang kalau kamu memang gak mau lagi ikut aturan dirumah ini , mendingan kamu gak usah lagi jadi penghuni rumah ini , ayah gak mau punya anak seperti kamu!!!( pergi Meninggalkan Rama sendirian di kamar ).
Rama : (mengambil Foto Ibu nya ) , mah , maafin rama , rama gak bisa jadi anak yang baik , dan rama gak bisa jaga keluarga ini , mungkin kalau mamah masih ada disini kejadiannya gak akan seperti ini. (memasukan semua pakaiannya kedalam koper termasuk foto mamah nya)
Diruang Tamu
Rama : yah , maafin rama , Rama bakalan pergi kalo ini yang terbaik untuk semua , (menjabat tangan ayah) Assalamualikum.
Ayah : (diam , sambil menahan rasa sedih bercampur emosi).
Rama melangkahkan kakinya dengan ragu meninggalkan Rumahnya yang sudah menyatu bersamanya selama 16 tahun ini , terasa berat bagi rama harus meninggalkan ayah nya. Tiba- Tiba Diperjalanan mencari tempat bermalam Rama melihat sebuah peristiwa.
Preman : hey... Bocah , mana setoran lo hari ?             
Pemulung : gak, ada bang .
Preman : gak usah bohong lo!!!
Pemulung : beneran bang , gw gak bohong!!!
Preman : halah !!! lo bosan hidup ?!( sambil mengangkat kerah depan baju pemulung )
Rama : astafirulah , bang lepasin , kasihan !
Preman : heh , siapa lo ? berani-beraninya urusis urasan gw ?
Rama : kenalin ( menjabat tangan ) saya rama bang .
Preman Lmenampik tangan rama) peduli amat ! lo gak tau siapa gua??(melirik koper Rama)
Hemmm... Karna lo dah ngerusak rencana gua , sekarang lo serahin semua barang bawaan lo !!!
Rama : Astagfirullah bang , Itu gak baik bang mengambil hak orang lain , hukumnya dosa !
Preman : hah , persetan soal Dosa !!! rasain lo( ( menyerang Rama ) sang preman memukuli Rama Hingga babak belur , Dan mengambil semua barang bawaan rama) .
Rama : ( tergeletak , menahan Rasa sakit )
Pemulung : ayo , bangun (mengangkat tubuh Rama ) .
Rama L mengangguk)
Dan pemulung itu membawa Rama kerumahnya , karna luka yang dialami Rama Cukup Parah.
“DIRUMAH PEMULUNG”
Terdengar Suara ADZAN subuh , dan Rama pun terbangun , Lalu dia pergi mencari AIR WUDHU .
Pemulung : (Terbangun melihat , suara yang cukup gaduh) eh.. lo dah bangun ?
Rama : iya , sholat jama’ah yuk .
Pemulung : hahahahah , Sholat ! kaya orang kaya aja lo Sholat-Sholat Segala , tau gak , sholat itu cuman buat orang kaya , kalo kita mah orang miskin percuma , gak ada untungnya , mau sholat kek , apa enggak juga , kalo miskin tetep aja miskin .
Rama : Sholat itu , diperuntukan untuk Semua orang Muslim , dia wajib melaksanakn Sholat , dan masalah rezeki itu , ALLAH SWT sudah mengaturnya .
Pemulung : aish... terserah lo lah , gua mau tidur Lagi!!! Ngantuk !!! :p
Rama : (meninggalkan percakapan , dan melaksanakan sholat dan berdoa memohon ampun pada ALLAH SWT)
Pemulung : hah... tolonnnnnnnnngggggggggg!!!!!!! , ampppppunn!!!!!!! Tolong......tolong........(sambil memutar-mutarkan badan nya).
Rama ; hey.... kenapa , ada apa ? (sambil menggoyang-goyangkan tubuh pemulung)
Pemulung : hah... (berkucur keringat , duduk sambil tercengang)
Rama : akhi ? akhi ?
Pemulung : (diam sejenak) hah , iya .
Rama : antum , kenapa ?
Pemulung : gile ... tadi gue mimpi digeret-geret orang yang besar serem Badai , mau geret gua keneraka , untung gua bisa kabur !
Rama : subahannallah..
Pemulung : sumpah , gua takut ! neraka itu serem banget!gua gak mau jadi penghuninya!
Rama : kalau kamu gak mau jadi penghuninya , kamu harus Rajin Berbadah Sama ALLAH SWT.
Pemulung : lo serius ? jadi kalo kita Rajin Sholat , ngaji puasa gua gak akan keneraka ?
Rama : iya , dan selalu berbuat Baik serta mampu meningkatkan Imannya.
Pemulung : yaudah , kalo gitu lo ajarin gua Sholat ama ngaja yak !
Rama : iya , insyaallah .
Pemulung : thanks ya! Oya , nama gue arif , bukan akhi atau antum! Kalo lo ?
Rama : hehe , nama ana Rama , akhi itu sebutan untuk anak laki-laki dalam bahasa arab .
Pemulung : ohhh ... tapi nama lo yang bener Ana apa Rama ?
Rama : ana itu artinya saya , jadi nama saya rama kalo antum Kamu.
Arif : oh, gitu . yaudah yok buruan ajarin gua sholat ! dari pada makhluk yang tadi dateng beneran!
Rama : oke , tapi sebelumnya kita wudhu dulu ya.
Arif  : terserah lo deh!

Akhirnya Arif kini berniat untuk menjadi seoarang muslim dan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibannya terhadap ALLAH SWT . Beberapa jam kemudian, ketika arif dan rama sedang memulung ,mencari uang untuk makan , triba – tiba mereka melihat seorang yang sedang Dirampok Dan Menghampirinya.
Perampok 1 : cepat serahkan , semua barang bawaan anda!!! (sambil menyodorkan pistol)
Ayah : jangan bang , saya tidak bawa apa .
Perampok : jangan bohong lo ! atau gua kirim lo keneraka!
Rama : ayah !!!
Ayah : rama ?
Perampok 2 : jangan mendekat , atau gua abisin lo !
Rama : bang , jangan sakiti ayah saya , ingat bang perbuatan yang kalian lakukan itu ddilaknaknati oleh ALLAH !
Perampok 2 : hah ... persetan ( menembak rama )
Perampok 1 : kenapa lo tembak , bego!
Perampok 2 : maaf , gak sengaja gua!
Perampok 1 : ayo , buruan kita kabur aja!
Para perampok lari , melarikan diri !
Ayah rama dan arif yang tadi terpaku melihat rama kini mereka mendekat dan menghampiri rama yang terjatuh dan berlumuran darah.
Ayah : (mengangkat kepala rama ) rama , nak sadar nak , kamu harus kuat!
Rama : yah , maafin rama ya yah , rama sudah jadi anak yang durhaka
Ayah : iya , nak . kamu harus kuat ya , kamu jangan tinggalin  ayah.
Rama : yah , ayah janji ya sama rama ayah kembali menyembah ALLAH SWT.
Ayah : iya nak , ayah bakalan , lakuin apa aja untuk kamu.
Rama : terimaksih ya yah , nanti rama , ibu dan nenek tunggu disurga ya yah (tersenyum untuk terakhirkalinya)
Ayah : rama , jangan tinggalin ayah sendiri nak, ayah sayang sama kamu !
Rama :rama juga sayang ayah , lailahaillah ...muh.. (rama menghembuskan nafas terakhirnya )
Arif : rama !!!!!!!!!!!! lo kan janji mau ajarin gua ngaji !!! ayo rama bangun !!!
Ayah : rama !!! (berdiri) ya tuhan dulu kau ambil kedua orang tua ku , lalu Istri ku dan kini kau ambil juga Anakku , sekarang kenapa kau tak ambil juga aku !!! kenapa kau selalu ambil orang yang aku cintai tuhan ? JANGAN HARAP AKU AKAN BERSIMPU DIHADAPAN MU!!!
Arif : om , om kan sudah berjanji  dengan rama , akan melaksanakan kewajiban om sebagai seorang muslim !

ayah : tau apa kamu , tentang saya ?!hah!!
Arif : saya memang tidak tahu apa-apa om , tapi apa om gak mau ketemu orang tua , istri , dan Rama disurga dan berkumpul bersama mereka disurga?
Ayah : (terdiam dan menangis sambil mendekat dan memeluk rama ) ayah janji nak, kita akan bersama-sama lagi nak disurga nanti , ayah akan menyiapkan bekal yang banyak , agar kita bisa berkumpil bersama disurga Allah.

Sepeninggalan rama , ayahnya kini menjadi seseorang yang taat agama , selalu bersedekah dan bersungguh – sungguh  menepati janjinya , dan arif pun diangkat menjadi anak angkat ayah rama , dan mereka hidup bahagia sampai hayat menjemput mereka .
Begitulah, sungguh mudah bagi Allah membolak-balikkan hati manusia. Dari yang keras menjadi lunak. Hidayah datang untuk siapa saja yang Ia kehendaki, dan yang siapa saja yang mau mendekati. Semoga kita menjadi hamba yang senantiasa beriman tanpa sedikitpun keraguan di dalamnya. Aamiin.


No comments:

Post a Comment